Selamat datang di Prodi Ilmu Komunikasi Institut STIAMI,

Komunikasi adalah dasar dari segala ikatan. Manusia tidak pernah luput dari aktifitas  komunikasi, bahkan ketika diam, manusia tetap berkomunikasi.

We can’t not communicate”

-Paul Watzlawik-.

Perkembangan teknologi tidak menjadikan ilmu komunikasi tertinggal, sebaliknya, hal tersebut menjadi pemicu perkembangan Ilmu Komunikasi. Seiring berkembangnya teknologi informasi, social media, atau yang biasa kita sebut sebagai media baru, ilmu komunikasi menjadi bidang studi yang paling berkembang dalam industri global, bahkan menjadi salah satu terpenting dalam perkembangan peradaban manusia.

Kontribusi yang besar dari berbagai macam media terhadap perkembangan Industri menyebabkan kebutuhan akan manusia yang berkompetensi tinggi dalam ilmu komunikasi semakin meningkat.

Institut STIAMI melalui prodi Ilmu Komunikasi mencoba menjawab tantangan akan kebutuhan dunia industri terhadap ahli-ahli Ilmu Komunikasi. Didasari dengan pembekalan dan sertifikat yang diakui dalam bidang Ilmu Komunikasi, serta konsentrasi dalam bidang Public Relation, manajemen dan marketing komunikasi, Ilmu Komunikasi Institut STIAMI mampu mencetak tamatan berkualitas.

Selamat Bergabung.


Kaprodi

 

Wulan Furrie adalah seorang praktisi dan akademisi di bidang komunikasi. Sejak tahun 1994-2007 berkarir sebagai penyiar di radio terkemuka di Jakarta (Radio PASS FM, DELTA FM dan radio ELSHINTHA), Di tahun 1996 ia memulai karirnya sebagai sebagai host, presenter & anchor dibeberapa stasiun TV. Saat ini juga masih menjadi host Islamic Program di TVRI, Lulusan Magister ilmu komunikasi ini aktif sebagai Coach dan trainer  Public Speaking, MC & protokoler di beberapa instansi pemerintah dan swasta.

Ia juga adalah seorang profesional MC dan Dosen ilmu komunikasi  dengan mata kuliah Manajemen Komunikasi, Personality Development, Public Relation dan Public Speaking. Saat ini oleh Institut STIAMI diamanahkan sebagai ketua program Studi (KAPRODI)  S-1  Ilmu Komunikasi.


Visi

 

Menjadi program studi manajemen komunikasi yang unggul dan berdaya saing dalam menghasilkan tenaga profesional yang berkompeten dan berakhlak mulia di tingkat nasional pada tahun 2019


MISI

 

Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuhkan kemampuan akademik dan jiwa kewirausahaan bagi warga didik, sehingga lulusan mampu bersaing di tingkat nasional dan beradaptasi ditengah kompetisi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Menyelenggarakan kegiatan penelitian bagi pengembangan keilmuan dan teknologi yang relevan dengan bidang manajemen komunikasi, serta menyebarluaskan hasil penelitian melalui publikasi dan kaji tindak bagi penguatan daya saing bangsa, kemajuan masyarakat dan peradaban bangsa.

Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui program pemberdayaan kemampuan praktis/terapan bagi masyarakat dalam mengelola komunikasi dengan pendekatan ilmiah.

Membangun karakter unggul mahasiswa melalui pembelajaran nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan kampus, melakukan kegiatan pembinaan mental dan spiritual, membangun watak kepemimpinan warga didik serta kecakapan sosial yang memadai.


Konsentrasi Program S-1 Komunikasi

 

1. Manajemen Komunikasi

2. Marketing Komunikasi

3. Public Relation


Kompetensi Lulusan

 

Lulusan program Studi ilmu Komunikasi disiapkan untuk menjadi seorang generalis dibidang komuniksasi yang akan memahami dan menerapkan dalam berbagai konteks dan pekerjaan yang relevan dengan peminatan konsentrasi

Manajemen Media

Lulusan konsentrasi ini memiliki bekal ketrampilan untuk mengelola bisnis Media ( merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi)

Humas

Lulusan konsentrasi ini memiliki pemahaman teori dan praktis dalam bidang kehumasan, memiliki ketrampilan komunikasi yang memadai ( lisan & Tulisan) .

Marketing Communication

Lulusan konsentrasi ini memiliki kemampuan analisa tentang konsumen dan pasar, riset dan perencanaan media, copywriting dan visualisasi serta editing untuk kepentingan iklan.


Prospek Kerja

 

 -Communication trainer

 -Communication researchear

 -Konsultan SDM manusia komunikasi

 -Konsultan bisnis media

 -Auditor komunikasi

 -Pekerja industri media

 -Manajer institusi media

 -Konsultas media komunikasi

 -PR officer

 -Media relation Officer

 -Staff Coorporate social Responsibility

 -Konsultan PR

 -Internal corporate Media Officer

 -Marketing

 -Copywriter

 -Visualizer