Logistik difenisikan sebagai proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari para supplier diantara fasilitas-fasilitas organisasi dan kepada para pelanggan. Tujuan logistik adalah menyampaikan barang jadi dan bermacam-macam material dalam jumlah yang tepat pada waktu dibutuhkan, dalam keadaan yang dapat dipakai, ke lokasi  yang dibutuhkan dan dengan total biaya yang terendah.

Sistem logistik Indonesia belum menunjukkan kinerja yang baik. Logistics Performance Index (LPI) Bank Dunia tahun 2009 menempatkan Indonesia pada posisi ke-75 dari 150 negara yang disurvei, berada di bawah Malaysia (29) dan Thailand (35). Bahkan, LPI Indonesia di bawah Vietnam yang berada di posisi ke-53. (http://www.supplychainindonesia.com).

Melihat kenyataan di atas, STIAMI berinovasi menambahkan Manajemen Logistik sebagai salah satu prodinya. Berbekal pengalaman baik dalam bidang akademis maupun praktik langsuung di lapangan yang dimiliki pihak para pengajarnya, STIAMI berharap dapat turut andil dalam kemajuan logistik Indonesia di masa mendatang.

 


Visi

 

“Menjadi Program Studi Manajemen Logistik yang unggul, berdaya saing, dan berakhlak mulia ditingkat Nasional Pada Tahun 2019”

 


Misi

  1. Melaksanakan pendidikan Manajemen Logistik yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan yang unggul berdaya saing dan berkahlak mulia .
  2. Melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan  menyebarluaskan hasil penelitian serta pengembangan keilmuan  Manajemen Logistik untuk memberi kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Konsentrasi Program Logistik

  • Logistik Global

Kompetensi S1 Manajemen Logistik

 

  1. Berpengetahuan dan menguasai teori, konsep, metode dasar dan perangkat analisis, sintesis, dan manajerial yang terkait dengan manajemen logistik.
  2. Berketerampilan untuk mengoperasikan dan mengelola (merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), melaksanakan (actuating), dan mengendalikan (controlling) sistem logistik secara efektif dan efisien.
  3. Berketerampilan untuk memecahkan permasalahan operasional dan manajerial yang timbul dalam sistem logistik, memilih solusi terbaik dan menyusun rekomendasi keputusan (decision) serta rencana tindaknya (action plan).
  4. Berkemampuan untuk menjalankan fungsi manajerial dalam mengkoordinasikan dan memberdayakan sumber daya yang diperlukan dalam suatu sistem logistik. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan secara efektif.
  5. Mampu bekerja secara mandiri maupun bekerja sama dalam kelompok atau organisasi.
  6. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
  7. Berperilaku etika dan profesional serta berjiwa wirausaha.

Peluang Karir

  1. Logistics Consultant
  2. Supply Chain Spv. / Manager
  3. Logistic Spv. / Manager
  4. Inventory Control Spv. / Manager
  5. Warehouse Spv. / Manager
  6. Sales & Operation Spv. / Manager
  7. Transportation Spv. / Manager
  8. Purchasing Spv. / Manager
  9. Production Planner & Controller Spv. / Manager
  10. Procurement Spv. / Manager
  11. Quality Spv. / Manager
  12. Materials Spv. / Manager
  13. Packing Spv. / Manager
  14. Pemerintahan (Pengambil Keputusan)
  15. Kementerian Perdagangan2.Kementerian Perekonomian
  16. Kementerian ESDM
  17. Kementerian PUPR
  18. Kementerian Perhubungan
  19. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional
  20. Kementerian Perindustrian
  21. Export Import
  22. Customs Agent
  23. Freight Forwarding
  24. Tenaga Pengajar